Temu Sapa Dengan Rekan Jurnalis Saifuddin: Daerah Harus Melakukan Terobosan

oleh -

KOTA PALOPO | RSB – Saifuddin Kasim, ST., asal putra daerah Tanah Luwu yang kurang lebih 20 tahun mengabdikan diri di Prov. Papua dan sekarang di Prov. Papua Barat tepatnya di Kabupaten Teluk Buntuni kurang lebih 2 tahun, temu sapa dengan rekan rekan jurnalis Palopo yang didampingi David (investor) serta beberapa sahabat karibnya.

Pertemuan tersebut sebagai bentuk tali silaturahim, sekaligus berbagi pengalaman dan juga diskusi kecil di salah satu cafe di Kota Palopo. Selasa (sore) 29 September 2020.

Saifuddin, mengatakan tanah luwu ini sejak ia tinggalkan mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat serta memiliki SDA dan SDM yang mempuni.

” Yang mana di setiap daerah memiliki keistimewaan tersendiri dalam sumber daya alamnya serta didukung sumber daya manusia yang cerdas. ” Ujar Saifuddin Kasim.

Sebagaimana juga ia ungkapkan bahwa di Papua yang dulunya adalah Irian Jaya kini berkembang pesat sejak adanya pembangunan Pelabuhan laut, bandara dan terminal penumpang angkutan darat di setiap kabupaten, contoh salah satu pembangunan infrastruktur transportasi yang dapat menggenjot ekonomi daerah adalah.

” Pelabuhan Pomako di Kab. Mimika itu sebelumnya adalah pulau yang dipenuhi dengan hutan bakau. Namun karena saling menguatkan/koordinasi antar OPD terkait maka pulau tersebut dapat dibangun pelabuhan umum yang dapat disinggahi kapal laut yang bertonase besar untuk bongkar/muat barang maupun manusia. ” Ungkapnya

Selain itu juga, percepatan aspek pembangunan infrastruktur sangat menyukong dalam kemajuan daerah dan dibutuhkan trobosan.

” Daerah harus mampu melakukan trobosan karena, setiap daerah memiliki keistimewaan masing masing, dan leading sektor nya harus saling menguatkan yang melibatkan jalur Darat, Laut dan Udara. ” Jelas Saifuddin Kasim

Ditambahkanya, untuk itu dibutuhkan shering informasi, dan mendelegasikan kewenangan atau tugas sehingga sampai pada masyarakat.

” Jika shering informasi yang benar dan daerah mampu melakukan trobosan baik Darat, Laut, dan Udara maka percepatan pembangunan di daerah itu dapat tercapai. ” Cetusnya

Salah satu contoh dari akses Darat, dapat menunjang aspek Pariwisata maupun industri dan sebagainya, aspek udara untuk menarik minat investor dll.

” Sehingga SDA dapat ikut berkembang, lalu di sisi industri, tentunya dibutuhkan satu bangunan berupa pabrik industri agar hasil dari pengelolaan pertanian dll dapat menunjang pemasukan pada daerah. ” Pungkasnya

Di akhir silaturahim itu, Saifuddin Kasim mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan rekan jurnalis dalam temu sapa sebagai Wija To Luwu, dan semoga perjumpaan kita ini dapat saling memetik asas manfaat yang ada didalamnya untuk kemajuan Tanah Luwu

(Bang yoga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *